Monday, October 4, 2010

Dibutuhkan, Sebuah Sistem Kerja


Menapak tahun 2001, saya bekerja di sebuah perusahaan baru. Sebelumnya, saya lima tahun --lebih-- meniti karir di perusahaan yang sangat mapan, besar,... dan sedemikian mapannya!

Seorang teman, Ketua Senat Mahasiswa, pernah berujar ketika dia lebih memilih meneruskan jabatan tersebut ketimbang mengikuti saran hampir semua orang untuk menyelesaikan studi dengan predikat CumLaude. "CumLaude setahun bisa tiga orang, tetapi kesempatan sebagai Ketua Senat Mahasiswa hanya bisa diraih oleh satu orang dalam setahun", begitu kilahnya.

Bekerja di perusahaan yang sudah mapan, banyak memberikan pelajaran berharga tentang sebuah sistem manufaktur. Tentunya ini suatu yang sungguh berharga. Namun, belum tentu satu orang dari seribu insinyur berkesempatan untuk membangun pabrik. Dua alasan inilah yang melatar belakangi saya meloncat ke 'pabrik' baru; mencoba 'ilmu', dan menjajal kesempatan langka. Tahun 2001 tercatat sebagai salah satu tahun istimewa bagi saya sebagai seseorang yang berkesempatan terlibat 'membangun' sebuah industri.

Membangun industri, tidak selalu didahului dengan pembangunan sistem manufaktur-nya. Mereka bisa berjalan bersamaan tanpa harus ditentukan siapa yang selalu duluan.
Setelah kira - kira tiga tahun kemudian, tahun 2004, saya berkesempatan menjadi pelaksana utama untuk membangun sistem mutu. Sistem mutu merupakan sebuah sistem yang tidak asing lagi bagi umumnya pekerja pabrikan. Itu seperti 'ilmu dasar'.
Dan setelah semuanya teraplikasi dengan cukup baik, --walaupun saya sudah berkarir cukup lama di lahan manufaktur,-- saya cukup takjub juga bahwa dengan adanya sebuah sistem, semuanya berlangsung lebih baik daripada tanpa sistem sama sekali. Sebuah ungkapan yang seharusnya semua orang juga faham secara klise. Namun, bila membuktikan sendiri, apalagi bila kita berkesempatan turut serta membangunnya, merasakan jatuh-bangunnya pertama kali,-- rasanya seribu persen lebih 'nendang'. Dan membuat kita makin yakin, bahwa dalam keseharian kita butuh sesuatu, yakni 'sistem kerja'.[] hf

1 Comments:

At October 10, 2010 at 11:50 PM , Blogger Unknown said...

Kepindahan Mas dari AHM ke Kanzen lumayan berani. saya salah seorang mahaiswa yg OJT di AHM salut dengan anda Mas..
Salam,

Welding is beautifull
Victor Rizal

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home